Peneliti BRIN Mengenalkan Teknologi Fotonik untuk Pengembangan Bahan Baku Obat Bahan Alam di Seminar STTIF Bogor

IMG20221221103948Rabu, 21 Desember 2022 lalu STTIF Menggelar Seminar bekerjasama dengan Pusat Riset Fotonik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Seminar diikuti oleh Pimpinan STTIF Bogor, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa di lingkungan STTIF Bogor, dengan mengundang narasumber peneliti dari BRIN yaitu ibu Rini Khamimatul Ula, Pd.D untuk membahas tentang Aplikasi Teknologi Fotonik untuk pengembangan bahan baku obat dari bahan alam.

Aplikasi optik dan fotonik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari peralatan elektronik rumah tangga, telekomunikasi, kesehatan, manufaktur, pertahanan, keamanan, sampai dengan entertainment. 

Peneliti Pusat Riset Fotonik BRIN yang disapa ibu Rini, menjelaskan teknologi fotonik bisa diaplikasikan ke nanogold untuk serum kecantikan, mempercepat masa panen dan produksi.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa fotonik bisa uji material serbuk, cairan, dengan menggunakan alat UV VIS untuk menunjukkan klorofil. UV VIS bisa mengetahui adanya Flavanols dan Flavanes (antioksidan) Teknologi laser dari fotonik ini juga dapat dijadikan makanan untuk tanaman dengan dosis tertentu agar fokus. Menurut ibu Rini "Semakin kecil daya laser membuat tanaman makin cepat tumbuh".

 20221221 095000

Sebagai informasi tambahan yang disampaikan oleh ibu Rini yaitu BRIN mempunyai Program BARISTA (Bantuan Riset Tugas Akhir) untuk mahasiswa STTIF mendapatkan uang saku maksimal 5 Juta selama 2 semester. Info lebih lanjut mengenai BARISTA dapat diakses di situs elsa.brin.go.id. Harapannya dengan diadakannya seminar ini dapat meningkatkan wawasan mahasiswa dan dosen dalam bidang Fotonik, sehingga dapat mendorong hasil riset antara STTIF Bogor dengan BRIN khususnya dibidang Pusat Riset Fotonik.

Berita Terbaru

Thursday, 09 November 2023 16:24

Monday, 19 December 2022 03:03

Please publish modules in offcanvas position.

rubid.id | Documentation