Hasil desa binaan STTIF Bogor membuat Formula Teh Herbal Kombinasi Daun Salam dan Jahe Merah yang Telah Terdaftar Pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Produk Inovatea Jahe Daun Salam 1STTIF Bogor bekerjasama dengan desa binaan Cipaku Skip dimana desa tersebut membudidayakan tanaman jahe yang kemudian hasil dari desa binaan diolah oleh STTIF Bogor untuk dijadikan produk. Sebagaimana kita ketahui jahe merah merupakan tanaman asli Indonesia yang sering digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat Indonesia. Daun salam terbukti dapat dapat menghasilkan antiokidan alami makadari itu civitas akademika STTIF yang terdiri dari apt. Antonius Padua Ratu, M.Farm, apt. Sofyan Ramani, M.Farm, dan Novi Arini Kaifa membuat sediaan teh herbal kombinasi dari daun salam dan rimpang jahe merah dalam kemasan kantong celup. Hasil dari proses pengabdian tersebut kemudian didaftarkan Hak Cipta No EC00202163191 sejak 10 November 2021.

Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya, daun salam dan rimpang jahe merah memiliki kemampuan sebagai antioksidan yang sangat kuat sehingga dapat digunakan sebagai obat herbal. untuk meningkatkan efektivitas daun salam dan rimpang jahe merah sebagai obat herbal, maka dari itu tercetuslah sediaan teh dalam bentuk kantong. Penyajiannya pun mudah yaitu kantong celup yang berisi simplisia direndam pada air panas sehingga mudah dikomsumsi oleh masyarakat.

Berdasarkan hasil riset tim STTIF Bogor, simplisia daun salam mengandung alkaloid, flovanoid, tannin, saponin, steroid, sedangkan simplisia jahe merah mengandung senyawa alkaloid, flovanoid, saponin, dan triterpenoid. Kombinasi daun salam dan jahe merah dapat dibuat sediaan the celup dengan variasi optimal 3 : 1 dan memenuhi persyaratan mutu serta organoleptis memiliki rasa yang normal. Formula tersebut sudah didaftarkan Hak Cipta No EC00202163191 sejak 10 November 2021. Selanjutnya STTIF Bogor akan bekerjasama dengan PT Akademia Inovasi Indonesia untuk memproduksi teh herbal tersebut supaya dapat dimanfaatkan dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Please publish modules in offcanvas position.

rubid.id | Documentation