Partisipasi STTIF Bogor Dalam Mengungkap Potensi Antibakteri Dari Daun Sirih Pada The 2nd International Conference Of Health, Science And Technology

Poster icohetech 2021International  Conference  of  Health,  Science,  and  Technology (ICOHETECH) yang diselenggarakan daring oleh Universitas Duta Bangsa Surakarta pada 6 April 2021. Konferensi internasional ini diikuti oleh 600 partisipan dari 7 negara. ICOHETECH mengusung tema pengembangan inovasi kesehatan, ilmu pengetahuan, dan teknologi di era pandemi. Oleh karena itu STTIF Bogor dan Universitas Duta Bangsa Surakarta berkolaborasi dalam penelitian Literature Review: Hand sanitizer formulation from extract and essential oil of betel leaf (Piper betle Linn.) As well as antibacterial activity test. STTIF Bogor diwakili oleh Ketua Program Studi S1 Farmasi, apt. Ferry Effendi, M.Farm.

Berlatar belakang dari pandemi Covid-19 yang mendorong kita untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun atau penggunaan hand sanitizer. Salah satu tanaman yang memiliki khasiat antiseptik adalah daun sirih. Pemanfaatan rebusan dan ekstrak daun sirih sebagai antibakteri alami memiliki keunggulan. Penelitian mengungkapkan bahwa daun sirih dengan kandungan ekstrak lebih dari 15% setara dengan kandungan alkohol dan etanol. Penelitian dan pemanfaatan daun sirih sebagai produk antiseptik dan hand sanitizer telah banyak dilakukan, salah satunya dengan menggunakan ekstrak dan minyak atsiri dari daun sirih. Artikel jurnal ilmiah ini dipublikasi pada Proceeding of the 2nd International Conference Health, Science And Technology (ICOHETECH) tahun 2021 dan dapat diakses pada laman https://ojs.udb.ac.id/index.php/icohetech/article/view/1074.

Rilis Penelitian

Please publish modules in offcanvas position.

rubid.id | Documentation