Sebagai bentuk perlindungan hukum atas setiap karya intelektual seorang peneliti. Pengajuan paten merupakan cara yang tepat untuk dapat melindungi sebuah karya. Demikianlah yang dilakukan oleh apt. Eem Masaenah, M.Si dan apt. Antonius Padua Ratu, M.Farm. Keduanya mengajukan hak paten kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Berkas pengajuan yang diusulkan oleh keduanya memperoleh Sertifikat Paten Sederhana.

Invensi yang berhasil memperoleh Sertifikat Paten Sederhana adalah

  1. Ekstrak Daun Kayu Tuah (Antidesma celebicum) Sebagai Antihiperglikemia dan Antihiperlipidemia Yang Praktis Tidak Toksik dengan inventor: apt. Eem Masaenah, M.Si
  2. Formulasi Sediaan Body Gel Kombinasi Ekstrak Daun Saga (Abrus precatorius) dan Daun Kersen (Mutingia calabura L.) Sebagai Antioksidan dengan inventor: apt. Eem Masaenah, M.Si
  3. Kombinasi Ekstrak Herba Sambiloto (Andrographis paniculata), Daun Jamblang (Syzygium cumini), dan Kayu Secang (Caesalpinia sappan) Sebagai Antidiabetes dan Praktis Tidak Toksik dengan inventor: Eem Masaenah, M.Si
  4. Proses Pembuatan Sediaan Kapsul Betakaroten Dari Ekstrak Buah Pepaya Dengan Pelarut VCO dengan inventor: Antonius Padua Ratu, M.Farm

Ketua STTIF Bogor, apt Siti Mariam, M.Farm menyatakan STTIF Bogor telah menorehkan prestasi gemilang dengan meraih sertifikat paten sederhana dalam bidang farmasi bahan alam. STTIF Bogor berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam riset dan pengembangan untuk menciptakan solusi-solusi inovatif yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan industri di masa depan. Ia berharap, dengan keluarnya sertifikat paten ini, dapat melindungi hasil riset yang telah dikerjakan dan dapat menjadi produk inovasi dari STTIF Bogor.

STTIF Bogor baru saja meluncurkan jurnal pengabdian masyarakat yang bernama Jurnal FARMAPEDIA. Pada 9 November 2023, Pusat Nasional ISSN Indonesia Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah memberikan ISSN (International Standard Serial Number) kepada Jurnal Farmapedia dengan ISSN (Elektronik) No. 3026-3530 mulai edisi Volume 1 Nomor 1. Berdasarkan hal ini, maka Jurnal Farmapedia termasuk jurnal pengabdian masyarakat berskala nasional. Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini menyediakan wadah bagi para praktisi, akademisi, dan peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian, pengalaman, dan inovasi dalam upaya membangun masyarakat.

Dr. Harry Noviardi, M.Si selaku kepala LPPM STTIF Bogor mengatakan bahwa Jurnal Pengabdian Masyarakat umumnya membahas berbagai topik yang terkait dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan permasalahan sosial, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan memberdayakan komunitas. Khusus untuk Jurnal Farmapedia menerbitkan artikel-artikel yang membahas pengabdian masyarakat terkait dengan teknologi kefarmasian dan pelayanan kefarmasian yang berguna dalam upaya membangun masyarakat.

Jurnal Farmapedia dapat diakses secara cetak dan online (dalam proses). Publikasi jurnal ini memberikan kesempatan bagi para penulis untuk menyebarkan temuan mereka kepada komunitas akademik, praktisi, serta pihak-pihak yang terkait dengan upaya mengaplikasikan semua hasil penelitian kepada masyarakat yang mengalami permasalahan yang sesuai. Upaya ini memberikan kesempatan untuk mendokumentasikan hasil-hasil penelitian, proyek serta memberikan wawasan baru bagi masyarakat umum dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Bogor – Sekolah Tinggi Teknologi Industri dan Farmasi (STTIF) Bogor telah menerima Surat Keputusan dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen STTIF Bogor, Senin (23/10/2023) sebanyak dua dosen menerima kenaikan pangkat jabatan fungsional dan 2 lagi mendapatkan jabatan akademik Asisten Ahli.

Jabatan Akademik Dosen (JAD) merupakan kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang Dosen dalam suatu satuan pendidikan tinggi yang dalam pelaksanaannya didasarkan pada keahlian tertentu serta bersifat mandiri. Jenjang tingkatan dari yang paling rendah sampai dengan yang paling tinggi, terdiri dari Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, serta Profesor. Kenaikan jabatan ini bisa diraih dengan melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi dengan mengumpulkan angka kredit kumulatif, dari setiap unsur. Unsur utama terdiri dari kegiatan Pendidikan (A), melaksanakan Pendidikan (B), Penelitian (C), Pengabdian pada Masyarakat (D). Unsur Penunjang (E) terdiri dari kegiatan-kegiatan yang mendukung pelaksanaan tugas pokok dosen.

Selama tahun akademik 2022-2023 ini STTIF Bogor telah meraih kenaikan pangkat jabatan fungsional dan 2 lagi mendapatkan jabatan akademik Asisten Ahli, berikut daftar dosen yang menerima :

  1. Sitaresmi Yuningtyas, M.Si telah menerima SK naik jabatan akademik dosen menjadi Lektor 300
  2. Triyani Sumiati, M.Si telah menerima SK naik jabatan akademik dosen menjadi Lektor 300
  3. Rakhmat Ramdhani Alwie, M.Farm telah menerima SK menjadi Asisten Ahli
  4. Neilli Apolina CCI, M.Kes telah menerima SK menjadi Asisten Ahli

Dosen yang menerima kenaikan jabatan fungsional adalah dosen yang telah memenuhi berbagai syarat yang ditentukan. Serta memiliki kompetensi yang baik, dan bertanggung jawab atas tugas-tugasnya.

Kenaikan jabatan fungsional juga berpengaruh pada akreditasi. Sehingga semoga para dosen STTIF lainnya dapat meningkatkan perannya di dalam mengimplementasikan Tri Dharma yakni, pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

Salah satu kewajiban bagi dosen dalam tri darma pergurutan tinggi adalah melakukan penelitian dan publikasi pada jurnal ilmiah. Untuk bisa menembus publikasi jurnal nasional terakreditasi memang bukan perkara mudah. Publikasi menjadi bukti orisinalitas penelitian yang dilakukan merupakan rekam jejak peneliti sebagai akademisi. Berikut daftar 11 publikasi dosen STTIF Bogor yang tembus pada Jurnal Nasional Terakreditasi pada tahun akademik 2022-2023.

  1. Lilik Sulastri, M.Farm. 2023. Aktivitas Penghambatan Enzim α-Glukosidase Ekstrak Dan Fraksi Etil Asetat Daun Salam (Syzygium Polyanthum (Wight) Walp.). Prosiding Seminar Nasional Kimia (Prosiding Nasional)
  2. Lilik Sulastri, M.Farm. Uji Aktivitas Penghambatan Dipeptidyl peptidase-4 (DPP-4) Senyawa dari Lima Tanaman Indonesia secara In-silico. Jurnal Fitofarmaka Indonesia (SINTA 3)
  3. Silvi Nurafni, M.Farm. 2023. Hubungan Frekuensi Pemberian Erythropoietin Stimulating Agent (ESA) Dengan Peningkatan Hemoglobin Pasien Hemodialisa Di RSUD Ciawi. Jurnal Farmasi & Sains Indonesia (SINTA 5)
  4. Silvi Nurafni, M.Farm. 2023. Pengetahuan Pasien Hipertensi Puskesmas Cipaku Bogor Setelah Diedukasi Dengan Pemberian Informasi Obat. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat (SINTA 5)
  5. Nina Imaniar, M.Si dan Apt. Silvi Nurafni, M.Farm . 2022. Sarang Semut (Myrmecodia pendans) Sebagai Bahan Baku Teh Herbal Antikanker. Jurnal Farmamedika (SINTA 4)
  6. Silvi Nurafni, M.Farm dan apt. Antonius Padua Ratu, M.Farm. 2022. Uji Aktivitas Obat Herbal Gel Ekstrak Daun Gaharu (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) Terhadap Luka Diabetes Pada Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus). Jurnal Ilmiah Ibnu Sina (SINTA 3)
  7. Eem Masaenah, M.Si. 2022. Antibacterial Activity Test of Meniran Herb Extract (Phyllanthus niruri L.) against Staphylococcus epidermidis and Klebsiella pneumoniae. Science Midwifery (SINTA 4).
  8. Eem Masaenah, M.Si. 2022. bioproduksi Senyawa Kimia Antioksidan Dari Bakteri Endofit Tanaman Sirih Merah (Piper Cf. fragile. Benth). Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (SINTA 2).
  9. Harry Noviardi, M.Si. 2022. Anti-inflammatory and Immunostimulant Therapy with Lactobacillus fermentum and Lactobacillus plantarum in COVID-19: A Literature Review. Borneo Journal of Pharmacy (SINTA 2)
  1. Binar Nursanti, MARS. 2023. Hubungan Tingkat Kepatuhan Penggunaan Obat Antidiabetes Oral Pada Pasien Dm Tipe 2 Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Di Poliklinik Rawat Jalan Rs Mulia Pajajaran Bogor. Jurnal Farmamedika (SINTA 4)
  2. Binar Nursanti, MARS. 2023. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Resep Di Apotek K24 Kemakmuran Depok. Jurnal Farmamedika (SINTA 4)

Prestasi ini perlu dijadikan contoh untuk memotivasi agar dosen dan mahasiswa berkemauan untuk melakukan penelitian dan publikasi hingga menembus jurnal nasional terakreditasi.  Semoga prestasi Dosen STTIF Bogor dalam publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi dapat meningkat tiap tahunnya

Sumber: LPPM STTIF Bogor

Berdasarkan Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0536/E5/PG.02.00/2023 tanggal 30 Mei 2023 tentang Penerima Program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023, bersama ini kami sampaikan Daftar Nama Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023

Sebanyak 1 judul penelitian dosen STTIF Bogor berhasil lolos dalam Program Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) Tahun 2023. Tim dosen yang terpilih ini berasal dari Program Studi S1 Farmasi yaitu apt. Silvi Nurafni, M.Farm (ketua pengusul) dan apt. Antonius Padua Ratu, M.Farm (anggota). Judul penelitian Formulasi Dan Evaluasi Mutu Gel Steril Ekstrak Daun Gaharu (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) Untuk Luka Diabetes dengan total dana hibah sebesar Rp. 18.400.000.  Keberhasilan ini menjadi bukti komitemen STTIF bogor dalam pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam hal Penelitian. Lewat penelitian ini, diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangan dunia pendidikan. Luaran dari Program Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) ini adalah terbitnya artikel publikasi dalam Jurnal Nasional Terakreditasi.

Download Pengumuman : Pengumuman Penerima Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023

Download Lampiran :  Lampiran I - Daftar Nama Penerima Pendanaan Penelitian Tahun Anggaran 2023

Page 1 of 10

Berita Terbaru

Thursday, 09 November 2023 16:24

Monday, 19 December 2022 03:03

Please publish modules in offcanvas position.

rubid.id | Documentation